Polres Jember siapkan 11 Pos Pengamanan dan Layanan Kesehatan Gratis bagi Pemudik

AKBP Kusworo Wibowo Kapolres Jember saat kunjunjungan disalah satu Pospam Terpadu Desa Klatakan, Tanggul (30/5) 

PamoreNews-Jember, 30 Mei 2019 : Selama Operasi Ketupat Semeru 2019, Polres Jember menyiapkan 11 Pos Pengamanan (Pospam) untuk memberikan pelayanan sekaligus rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Sebanyak 11 Pospam tersebut, berada di sejumlah titik yang dianggap rawan. Baik rawan kriminalitas maupun rawan kemacetan dan kecelakaan.

 “Selain itu juga kita siapkan Pospam di tempat-tempat wisata, mall, dan beberapa tempat lainnya,” ungkap Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo didampingi Kasat Lantas AKP Edwin Nathanael di Pospam Terpadu Desa Klatakan, Tanggul, Kamis (30/05). Di tiap Pospam itu, sudah disiagakan TNI, Polri, tenaga medis, Orari, dan PMI.

AKBP Kusworo Temui Pemudik di Pospam (30/5)

Menurut Kusworo, tenaga medis sengaja dipersiapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi para pemudik yang butuh layanan kesehatan. “Selain itu, untuk ruang Pospam ini juga kita siapkan tempat bermain anak, ruang istirahat dan ruang lainnya,” ungkap Kusworo.

Personel pengamanan, lanjut Kusworo, sudah diberi Standar Operasional Prosedur (SOP). Sehingga saat ada kejadian kecelakaan, kemacetan, laporan kriminalitas, laporan kehilangan, personel dapat melaksanakan tugas dengan cepat dan benar. “Termasuk pelayanan Tim Kesehatan juga sudah diberikan SOP,” sambungnya.

Kusworo menjelaskan, dari 11 Pospam yang ada di Jember, Pospam Klatakan sengaja dijadikan Pospam Terpadu. “Karena Pospam Klatakan ini selain dekat dengan terminal, juga ada SPBU dan masjid,” ungkapnya.

Agar personel lebih cepat melakukan tindakan, sejumlah CCTV yang sudah terkoneksi dengan Dinas Perhubungan dan Comand Centre Polres Jember, dihubungkan dengan Pospam-pospam yang ada di sejumlah titik di wilayah Jember. “Sehingga saat ada kemacetan ataupun kecelakaan, personel tidak harus menunggu laporan dari masyarakat. Tapi sudah bisa memantau dan langsung mengambil tindakan,” pungkas Kusworo. (is)

 

Jurnalis : isriadi

Post Author: Publisher