Kurangi Pasokan Sampah, Mahasiswa KKN UNEJ Buat Bank Sampah

 

PamoreNews.id-Mojokerto, Sampah merupakan masalah yang tak kunjung tuntas, terlebih Indonesia menjadi Negara kedua di dunia penghasil sampah, pada tahun 2019 Indonesia menghasilkan sekitar 66-67 juta ton sampah tiap tahunnya. di Mojokerto Jawa Timur untuk mewadahi peran masyarakat khususnya para pemuda dan ibu-ibu PKK yang ada di wilayah Desa Ngimbangan, Mahasiswa KKN Kolaborasi Mojokerto “BRANTAS TUNTAS” Universitas Jember dengan Pemuda Dsn.Ngingas Desa Ngimbangan membentuk Bank Sampah Ngimbangan (12/2/20).

 

Menurut Rudi Subagyo, Kepala Desa Ngimbangan dalam sambutannya, Bank sampah ini bisa digunakan sebagai penunjang perekonomin warga dan digunakan untuk pembayaran fasilitas TPS serta retribusi desa, persoalan lingkungan tidak semata-mata hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama dalam mengatasinya, untuk itu mulai saat ini dan dimasa mendatang, sudah waktunya kita merubah pola layanan kebersihan dari sistem yang mengandalkan peran pemerintah model “kumpul, angkut dan buang”.

 

Baca juga:

 

Hal senada juga disampaikan Sutanto Kusuma perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup mengatakan “Tujuan dibentuk Bank Sampah Ngimbangan adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melakukan pemilahan sampah dari sumbernya, memanfaatkan kembali sampah organik dan menanamkan kembali kebiasaan pada masyarakat untuk mengurangi pemakaian bahan-bahan yang tidak bisa didaur ulang, serta meningkatkan nilai perekonomian masyarakat”. Jelasnya.

 

“Menjadi pola penangganan sampah yang bersuber rumah tangga. Konsep pengolahan sampah itu adalah pola lama, yang sudah harus ditinggalkan. Paradigma baru yaitu memandang sampah sebagai sumber daya yang punya nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan, misalnya untuk kerajinan tangan, kompos, pakan ternak, energi terbarukan.” pungkasnya.

 

 

Junalis       : Tim KKN UNEJ

Editor        : Isriadi

Post Author: Publisher

1 thought on “Kurangi Pasokan Sampah, Mahasiswa KKN UNEJ Buat Bank Sampah

Komentar ditutup.