UNEJ Bersiap Jadi Pusat Pendidikan Internal Auditor

 10 total views

PamoreNews.id-Jember, Universitas Jember bekerjasama dengan The Institute of Internal Auditors Indonesia (IIA) tengah mempersiapkan diri menjadi pusat pendidikan internal auditor di Indonesia yang diakui oleh The Institute of Internal Auditor, lembaga resmi internal auditor tingkat dunia.

 

Universitas Jember mengikuti kegiatan pelatihan bertajuk “Certified Internal Auditor (CIA) Review Course Dalam Menunjang Universitas Jember Menuju IAEP School” yang digelar selama lima hari di Hotel Aston, Jember. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember (12/2/20).

 

Siti Maria Wardayati, koordinator kegiatan, para peserta pelatihan akan menerima tiga materi utama mengenai internal auditor. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti ujian setifikasi internal auditor sehingga memperoleh sertifikat Certified Internal Auditor (CIA). Para pemegang sertifikat CIA inilah yang nantinya akan menjadi nara sumber pendidikan dan pelatihan internal auditor di Universitas Jember.

 

Baca juga:

 

“Dalam dunia akuntansi dikenal ada dua macam auditor, yakni eksternal auditor yang memeriksa laporan keuangan dan internal auditor yang tugasnya memeriksa proses kerja dan operasional di sebuah organisasi agar sesuai visi dan misinya, serta mencegah adanya potensi penyelewangan. Jika auditor eksternal adalah lulusan Program Studi Akuntansi, maka auditor internal bisa dari latar belakang keilmuan selain Akuntansi,” jelas Siti Maria Wardayati.

 

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember mendukung penuh kerjasama antara Program Studi Akuntansi FEB dengan IIA dalam mencetak calon-calon  internal auditor. Menurutnya, saat ini setiap organisasi dituntut menjadi organisasi yang akuntabel, dimana proses untuk menuju organisasi yang akuntabel tersebut melibatkan peran serta aktif internal auditor seperti yang terwujud dalam Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember.

 

“Saya juga ingin mengajak para anggota IIA untuk berkolaborasi dengan para peneliti di Universitas Jember, sebab sebagai praktisi para anggota IIA tentu memiliki data dan informasi di lapangan yang bisa dikombinasikan dengan kepakaran para akademisi di kampus Tegalboto menjadi karya tulis ilmiah.” pungkasnya.

 

Jurnalis     : Isriadi

Editor        : Lukman

Post Author: Publisher