33 Advokad Dukung Panitia Angket DPRD Jember

 18 total views

Itqon Sauqi, Ketua DPRD Jember saat diwawancarai media.

JEMBER –  Sebanyak 33 advokad kabupaten Jember yang tergabung dalam tim Advokasi Bersahabat memberikan dukungan kepada Pimpinan DPRD Jember untuk sidang perdana gugatan Citizen Law Suit (CLS), hal itu disepakati melalui penandatanganan Surat kuasa yang ditandatangani oleh Ketua dan unsur pimpinan DPRD Jember Jum’at siang di gedung DPRD Jember (13/03/2020).

 

“Kami pasrahkan persoalan hukum ini pada Tim Advokasi Bersahabat, dan Insyaallah untuk sidang perdana besok Senin kami akan hadir dan kami siap menghadapi persoalan tersebut,” tegas Itqon Sauqi, Ketua DPRD Jember.

 

Ketua DPRD Jember Itqon Sauqi juga menyampaikan dirinya menyadari gugatan dari Cirizen Law Suit (CLS) adalah hak tiap warga Negara, akan tetapi menurutnya, apapun keputusannya keputusan akhir ada pada kuasa hakikm untuk menilai perseoalan tersebut.

 

Koordinator Kuasa Hukum DPRD Jember Cholily menyampaikan dengan ditandatanganinya surat kuasa hokum ini, seluruh advokad juga siap untuk mengadapi gugatan tersebut. Pasalnya, dalam kasus ini adlah gufatan salah pasal dimana gugatan tersebut ditujukan kepada penyelenggara Negara dalam hal ini adalah pemerintah yang tidak dapat memenuhi hak-hak dasar pada warga negaranya.

 

“harusnya gugatan Citizen Law Suit itu ditujukan pada siapa kalau di Jember? Ya harusnya pada Bupati sebagai penyelenggara pemerintah bukan ditujukan kepada DPRD, karena  DPRD bukan penyelenggara pemerintahan sebab DPRD bertugas dalam Pengawasan, Budgedting dan Legislasi, yang artinya gugatan ini salah alamat atau pasal menurut teori,” kata Cholily.

 

Cholily menilai gugatan ini sebelum diajukan kepada pemerintah harus ada notifikasi walaupun tidak diatur secara formal akan tetapi menurutnya didalam praktiknya dalam satu sampai dua bulan harus diperbaiki.

 

“Menurut saya, ini ada fihak yang gusar dengan adanya Hak Angket nantinya akan pendapat untuk memberhentikan Bupati, dengan adanya hal ini sangat kental nuansa politiknya,” pungkasnya. (is)

Post Author: Publisher

1 thought on “33 Advokad Dukung Panitia Angket DPRD Jember

Komentar ditutup.