IJTI dan PMI Jember Kampanyekan Pencegaan Covid-19

 46 total views

Sejumlah mengkapanyekan pencegahan covid19 dan membagikan masker pada pengguna jalan.

PAMORENEWS – JEMBER – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah Tapal Kuda, bersama relawan kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember, Rabu Siang (14/04/2020), kampanyekan pencegahan wabah covid-19, yang digelar di simpang empat SMP 2 Jl. PB Sudirman, Jember, dengan mengusung sejumlah poster berisi ajakan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah, jaga jarak dan pentingnya menjaga kesehatan di saat pandemi covid-19 terus meluas.

 

Ketua IJTI, Tomi Iskandar mengatakan di Kabupaten Jember dari data yang dirilis tim gugus tugas covid-19 Jember, ada empat pasien terkonfirmasi positif corona. Satu diantaranya meninggal dunia. Satu orang sembuh, dan dua lainnya hingga kini masih menjalani perawatan, sementara data pasien dalam pengawasan (PDP) di Jember terdapat 22 orang. Sembilan telah dinyatakan selesai pengawasan, lima masih dalam pengawasan, satu meninggal dunia (namun rapid tes negatif), dan tujuh orang merupakan pasien dari luar Jember.

 

Baca juga : Pojok Covid dan Mahasiswa Universitas Jember Dapatkan Bantuan dari Keluarga Alumni Universitas Jember

“Adapun data orang dalam pemantauan (ODP) di Jember terdapat 900 orang. 337 telah dinyatakan selesai dipantau, serta 538 orang dalam pemantauan. Jumlah ODP meninggal dunia 8 orang, sementara data orang dalam resiko (ODR) mencapai 13.102 orang. 8.553 selesai dipantau, 4.463 dalam pemantauan, dan 36 belum terpantau,” katanya.

 

Lalu dia menambahkan, melihat perkembangan data sebaran yang terus meningkat, memicu kesadaran kita bersama untuk terus melakukan upaya pencegahan, meski imbauan dari berbagai pihak tak henti-hentinya mengajak supaya masyarakat tetap di rumahnya, namun kenyataan di lapangan masih saja banyak warga yang bebas keluar rumah.

 

Baca juga: Peringati Dies Natalis ke-5, Korps Relawan Kampus Universitas Jember Tanam Pohon di Kampus

“Kendornya tingkat kesadaran masyarakat tentang berbagai langkah pencegahan, menyebabkan anjuran stay at home, mulai banyak dilanggar. Salah satu indikatornya adalah jalanan yang sebelumnya sempat lengang, kini sudah mulai ramai kembali, padahal sebenarnya covid masih mengancam, Jurnalis televisi yang tergabung dalam IJTI Tapal Kuda mempunyai tanggung jawab moral, untuk terus memberikan pemahaman dan informasi tentang bahaya serta acaman corona virus,” pungkas Tomy Iskandar pria asal Jember ini. 

 

Dalam kesempatan ini IJTI Tapal Kuda bersama PMI Jember membagikan 200 masker kepada para pengguna jalan maupu warga. Tentu ini sebagai upaya positif yang nantinya akan terus dilakukan di sejumlah titik lainnya.

 

 

 

Jurnalis : Isriadi

Editor : admin

Post Author: Publisher